SEO (Search Engine Optimization) adalah sekumpulan metode yang digunakan dengan tujuan mencapai posisi yang menguntungkan di berbagai hasil mesin pencari ketika seseorang mengetikkan kata kunci pencarian di mesin pencari tersebut.
Onpage optimization / Optimasi dari dalam halaman web situs kita sendiri:
* 1. Strategi spam keyword
Ini strategi yang paling tua yang digunakan oleh webmaster, dan strategi ini sangat tidak dianjurkan, karena semua search engine/mesin pencari sudah menganggapnya sebagai pelanggaran. Spam keyword dilakukan dengan cara menuliskan keyword keyword secara berulang ulang pada suatu halaman w tertentu dengan ukuran huruf yang sangat kecil. Jangan menggunakan strategi yang sudah tua ini .
* 2. Strategi invisible dan semi visible keyword
Ini juga jangan dilakukan, karena semakin hari mesin pencari menggunakan algoritma pengecekan yang semakin pintar. Sayang sekali jika anda mencurangi mesin pencari untuk tujuan yang jangka pendek saja.
* 3. Strategi pembangunan doorway pages
DILARANG KERAS. Doorway pages/Gateway Pages, apapun namanya merupakan hal lumrah bagi golongan black hat SEO. Siap siap saja anda dibantai oleh mesin pencari jika anda menggunakan strategi ini. Akibatnya, situs anda tersebut akan hilang dari hasil pencarian - sampai anda meng-update situs tersebut.
Doorway pages adalah halaman halaman web yang dikhususkan untuk optimasi keyword tertentu dengan melihat faktor keyword density/kerapatan keyword dari halaman tersebut.
* 4. Strategi halaman redirect baik menggunakan meta tag ataupun dengan javascript
Segera setelah membangun doorway pages biasanya dilanjutkan dengan redirect ke halaman yang utama. Ini tidak boleh ya, jangan sampai salah kaprah saja. Nanti menyesal.
* 5. Strategi menggunakan comment line html
Mungkin diantara anda , ada yang sudah mengenal trik ini. Cara kerjanya yaitu dengan membubuhkan keyword pada kode HTML yang pada dasarnya ditujukan untuk komentar kode yang lainnya. Trik ini berguna pada masa lalu, namun sekarang sudah usang dan tidak berpengaruh apa apa terhadap posisi situs anda di mesin pencari.
* 6. Strategi berdasarkan pengurutan ASCII, Numerik dan Alfabet
* 7. Strategi menggunakan ALT image (gambar) - Nah kalau ini, bisa anda praktekkan.
Cara kerjanya adalah dengan mengisikan ALT pada image anda dengan menyelipkan keyword anda.
Tetapi ingat jangan sampai keterlaluan, misalnya dengan membubuhkan kata kunci yang berulang-ulang dalam hal tersebut. Karena ini sama saja dengan spam gaya baru.
* 8. Strategi Link satu pixel
Tidak berpengaruh dan jelas-jelas ini adalah spam.
* 9. Strategi menyembunyikan link
SPAM. Search engine hate this.
* 10. Strategi pembangunan sitemap
Nah kalau ini dianjurkan, karena maksudnya untuk menuntun mesin pencari sehingga ia akan mudah berjalan jalan dari satu halaman web anda ke halaman yang lain, hasilnya semua halaman web anda akan terindex dalam database mesin pencari tersebut. Dan ini akan meningkatkan jumlah traffic ke web anda tersebut.
* 11. Strategi dengan menggunakan CSS (Cascading Style Sheet )
Untuk menyembunyikan text keyword dan link link pada suatu halaman web tertentu.
* 12. Frekuensi update dari situs anda.
Salah satu faktor yang diperhitungkan Google dan mesin cari lain adalah seberapa sering situs anda terupdate. Lebih sering lebih baik. Berbagai cara bisa dilakukan, tanpa terlalu banyak campur tangan anda sebagai webmaster : pembangunan komunitas di situs anda melalui forum, blog, wiki, dan banyak lagi. Salah satu yang sedang tren saat ini adalah dengan menggunakan rss feed, yaitu dengan menggunakan rss agregator untuk diterjemahkan ke dalam html yang bisa di tempelkan di halaman situs anda tertentu. Biasanya yang dijadikan target adalah situs situs berita yang besar, tentunya situs tersebut akan terupdate setiap saat. Sebagai akibatnya halaman situs anda pun akan terupdate secara berkala pula, tanpa terlalu banyak campur tangan anda. Mudah bukan?
* 13. Validasi kode HTML dan CSS website anda mengacu kepada standar W3C.
* 14. Pilihlah tempat hosting untuk situs anda dengan strategi yang tepat.
Hal-hal lain yang perlu dilakukan :
* 1. Strategi Tukar Link (Reciprocal link)
Hati-hati terjebak dengan link farm (bertukar link tanpa mempedulikan relevansi dan kualitas) seperti FFA, spam guestbook ataupun spam comment di blog orang lain. Lambat atau cepat jika anda menggunakan cara ini akan berdampak buruk bagi peringkat anda di mesin pencari, bahkan bisa kena cekal oleh mesin cari google -google terkenal paling keras terhadap metoda spam-. Untuk itu mulailah membangun link partner dengan cara yang sealamiah mungkin.
Bagaimana anda mengetahui, website mana saja yang mau menerima link partner? Sepengetahuan saya website-website diluar sana banyak yang menyediakan tempat/halaman web yang khusus untuk bertukar link, tentu anda harus cari sendiri, bagaimana cara mencarinya? Di blog saya akan anda temukan - Tip-tip mencari link partner yang efektif.
Sebagaimana anda tahu, bahwa salahsatu faktor peringkat search engine google adalah : Banyaknya situs yang mengacu (me-link) kepada situs anda, Kualitas dari situs situs tersebut, Anchor text/Text link yang mengacu kepada situs anda dan jumlah dari link keluar(outbound link) dari situs rekan anda tersebut.
- Cari di Google dengan kata kunci/keyword berikut: inurl:add_link.php, inurl:add_link.html, inurl:add_link.htm, inurl:add_link.asp, dan seterusnya. Selengkapnya anda bisa baca di bagian blog.
Setelah itu kelompokkan situs yang berhubungan temanya dengan situs anda tersebut. Selanjutnya ikuti langkah metoda tukar link dengan situs mereka. Jangan lupa untuk mengecek traffic situs tersebut - di cek di alexa.com - jika peringkatnya bagus maka lebih baik, sebagai catatan peringkat yahoo.com di alexa adalah 1. Demikian pula dengan google pagerank bisa di cek di checkpagerank.com atau menggunakan google toolbar.
Setelah itu rencanakan anchor text/text link yang akan anda simpan di situs mereka itu. Lebih baik jika anchor text tersebut sesuai dengan kata kunci/keyword yang anda maksudkan. Lihat pula apakah di tempat penampungan link di situs mereka itu termasuk link-spam atau link farm, dimana banyak sekali kumpulan link yang keluar dari halaman link di situs tersebut, jika banyak sekali (>25 buah dalam satu halaman web) maka cari yang lain saja.
Cara lain, anda bisa bergabung dengan link exchange service. Contoh link exchange service yang bekerja otomatis adalah linkmarket dan indexguy. Hati hati terjebak dengan link farm.
* 2. One Way Link (Tautan Satu Arah)
Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk hal ini, beberapa diantaranya adalah directory submission, social bookmarking submission, dan social networking submission. Perlu untuk selalu diingat bahwa kualitaslah yang penting bukan kuantitas.
Update strategi one way link. Forum submission carilah yang populer : dilihat dari besarnya Google PR dan alexa ranking. Daftar dan aktiflah disana...Jangan lupa masukkan link anda sebagai "signature link". Tidak punya waktu untuk aktif disana?? Beli signature linknya dari orang yang aktif disana...
Tips -tips lain :
Bagaimana cara memasukkan situs anda yang baru, supaya terindex oleh mesin pencari google dalam tujuh hari. Biasanya jika anda ingin memasukkan situs anda ke mesin pencari google anda harus memasukkannya ke url http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl , atau dengan software atau dengan layanan online seperti disini. Dan anda harus menunggu sampai sekitar satu bulan dari sejak pemasukan data situs anda tersebut untuk masuk dalam index mesin pencari google. Namun ada suatu cara dimana situs anda tersebut akan terindex oleh google dalam jangka waktu kurang lebih tujuh hari.
Hingga saat ini yang namanya "perang harga" terjadi hampir disemua produk, baik jasa maupun non jasa. Dibidang jasa misalnya saat ini sudah puluhan warnet yang gulung tikar karena kalah bersaing dalam hal layanan dan harga. Untuk produk non jasa misalnya saja buku, untuk mempertahankan kelangsungan usahanya banyak toko buku khususnya dikota-kota pelajar yang memberi potongan harga yang sangat tinggi dan akibatnya kalau tidak mampu bersaing akan gulung tikar juga.
Letak kekalahan para pemilik usaha tersebut karena ditinggalkan konsumen, dan nampaknya sekaranglah saat untuk menerapkan atau mempertimbangkan Viral Merketing.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar